Penyebab terjadinya talasemia dan jenis talasemia

Faktor penyebab talasemia datang desebabkan oleh penyakit keturunan dari gen orang tua yang memiliki latar belakang penyakit talasemia yang kemudian menurun pada anak. Selamat datang di website kami yang akan membahas penyebab terjadinya talasemia dan jenis talasemia. Selamat membaca

Penyebab terjadinya talasemia – akibat dari ketidak mampuan sumsum tulang dalam membentuk protein yang dibutuhkan dalam memproduksi hemoglobin (sel darah merah). Hemoglobin dalam kehidupan menusia berfungsi sebagai media yang bertugas membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh sebagai salah satu energi tubuh manusia. Hemoglobin merupakan bagian dari protein yang diperkaya dengan zat besi. Jika tubuh kekurangan hemoglobin, maka fungsi organ-organ tubuh tidak akan terpenuhi dengan baik akibatnya fungsi tubuh pun terganggu dan tidak akan terpenuhi dengan baik akibatnya fungsi tubuh pun terganggu dan tidak mampu melakukan aktivitas seperti biasa dengan optimal.

Faktor penyebab talasemia datang disebabkan oleh penyakit keturunan dari gen orang tua yang memiliki latar belakang penyakit talasemia yang kemudian menurun pada anak sehingga anak memiliki resiko tinggi menderita talasemia trait atau talasemia bawaan, talasemia bawaan resiko lebih tinggi dibandingkan dengan orangtua, sehingga pengobatan dan proses penyembuhannya pun dikatakan cukup sulit.

Penderita talasemia ini pun harus mendapat pasokan sel darah sehat setiap bulan atau sisesuaikan dengan kebutuhan dan jenis dari talasemia yang diderita. Tentunya penyakit talasemia membutuhkan perawatan serta pengobatan yang menelan biaya yang cukup mahal, ditambah sulitnya mendapatkan donor darah yang sesuai dengan darah si penderita.

Penyebab terjadinya talasemia :

1. faktor genetic atau keturunan
Hampir 80% penyakit talasemia muncul dari gen orangtua yang memiliki riwayat penyakit demikian, entah dari kedua orangtua atau salah satu dari orangtua yang memiliki penyakit demikian, kemudian diwariskan kepada anak dengan resiko yang lebih tinggi.

2. faktor penyebab talasemia kecacatan dari kandungan 
Penderita talasemia umunya banyak ditemukan pada usia balita atau anak-anak dengan rentang usia hinggga 12-18 tahun. Talasemia juga dapat diturunkan kepada janin dari dalam kandungan oleh ibu yang memiliki penyakit demikian. Sedangkan bagi mereka yang cacat dari kandungan karena memiliki kelainan darah yang terjadi dengan cukup berat hal tersebut dikarenakan tidak bisa memproduksi sel darah merah yang cukup sedangkan penghancur dari sel darah merah berlebihan.

Jenis-jenis talasemia

Berdasarkan gejala klinis dan tingkat keparahannya ada 3 jenis thalasemia :

1. Thalasemia mayor.
Talasemia mayor disebabkan oleh faktor genetik yang berasal dari kedua orang tua. Pada talasemia mayor, kedua orangtua merupakan pembawa sifat atau carrier. Talasemia mayor masih bisa dibedakan menjadi dua, yaitu talasemia alpha mayor dan talasemia beta mayor. talasemia alpha mayor disebabkan oleh oleh gangguan genetik pada asam amino atau protein globin alpha begitu juga sebaliknya talasemia beta mayor disebabkan gangguan protein beta pada tubuh. Jenis talasemia ini biasanya menimbulkan dampak yang lebih serius dibandingkan dengan jenis minor.

2. Thalasemia minor.
Orang biasanya sering mengangga talasemia minor sebagai anemia biasa. Hal ini dikarenakan dampak yang ditimbulkan tidak seberat talasemia mayor dan mirip sekali dengan gejala anemia. Biasanya talasemia minor terjadi pada orang yang menjadi carrier atau pembawa sifat.

3. Thalasemia Intermedia.
Jenis ini merupakan level pertengahan antara talasemia mayor dan minor. Talasemia intermedia memang mengakibatkan dampak anemia yang cukup berat dibandingkan dengan talasemia minor namun pada penderita di level intermedia ketergantungan transfusi darah tidak begitu besar dibandingkan dengan talasemia mayor.

Demikian artikel Penyebab terjadinya talasemia dan jenis talasemia semoga memberikan manfaat bagi anda yang membaca, jangan lupa share agar lebih bermanfaat bagi kita semua dan jaga selalu kesehatan anda. Terimakasih